Daily Life

Teknik Pomodoro – Daily Habits untuk menghindari Penundaan

Seiring dengan berkembangnya zaman, manusia akan melakukan banyak hal pula yang dapat menunjang maasa depannya itu sendiri, entah itu belajar, berolahraga, dll.

Dengan padatnya aktivitas yang kita lakukan, kita juga sering mengalami rasa kemalasan yang pasti dirasakan oleh kebanyakan orang dan biasanya rasa kemalasan itu akan berujung kepada hal-hal yang berdampak buruk bagi diri kita sendiri dan salah satu hal yang sering terjadi adalah penundaan.

Nah, kali ini saya akan memberikan tips yang bisa dikatakan sangat sederhana tetapi akan berdampak sangat baik jika kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yap, itu adalah “Teknik Pomodoro”.

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Pada dasarnya Teknik Pomodoro adalah teknik pengelolaan waktu atau metode manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir 1980-an.

Cara kerjanya adalah kita akan memilih salah satu tugas yang ingin kita kerjakan lalu kita kerjakan dengan membagi tugas tersebut ke beberapa bagian/interval yang dimana satu bagiannya itu adalah 25 menit dan biasanya setelah itu kita akan beristirahat selama 5 menit setelahnya, dan bagian/interval tersebut diberi nama pomodoros, yaitu bentuk jamak dari kata Italia Pomodoro (Tomat). Mengapa diberi nama Pomodoro/Tomat? Itu karena Francesco Cirillo menggunakan timer yang berbentuk tomat ketika dia masih mahasiswa.

Perlu ditekankan, selama teknik ini dilakukan kita harus bisa fokus ke tugas yang ingin kita selesaikan selama jenjang waktu 25 menit tersebut tanpa terdistraksi sama sekali dan setelah 4 pomodoro sudah kita lakukan, kita dapat beristirahat dalam jangka waktu yang lama (15-30 menit).

Apa Fungsi dari Teknik Pomodoro?

Fungsi dari teknik ini adalah kita dapat menghindari penundaan pengerjaan suatu tugas, dapat meningkatkan produktivitas , dapat membuat kita lebih fokus, dan dapat mengerjakan banyak tugas tanpa harus terburu-buru, meningkatkan kedisiplinan, dan masih banyak hal lainnya

Perlu diingat bahwa teknik ini sangat fleksibel untuk dipakai jadi tidak harus 25 menit untuk satu pomodoro tetapi bisa juga menggunakan 50 menit waktu bekerja dengan 10 menit istirahat, tetapi jangan sampai dengan merubah waktunya anda jadi tidak produktif karena yang mesti dilihat dari teknik ini adalah keproduktivitasan kalian ketimbang waktu pengerjaannnya.

Jika teknik ini tidak cocok atau kurang pas untuk anda maka jangan paksakan untuk melakukan hal ini tetapi jika hal ini bisa membantu anda mungkin anda bisa melakukan teknik ini menjadi suatu daily habit.

Nah, semoga dengan membaca artikel ini kalian dapat menjadikan teknik ini sebagai referensi untuk meningkatkan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari, dan saya sangat berharap artikel ini dapat membantu kalian semua untuk menambah wawasan kalian tentang teknik pomodoro.

Thanks,

-Abrar3Caksana-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s