Pendidikan

Study Experience – Peningkatan Kedisiplinan ketika Liburan

Oke sesuai yang tertera di judul postingan ini, saya akan menceritakan pengalaman saya selama liburan yang saya alami beberapa minggu ini. Bagi kalian yang kurang tahu saya adalah seorang pelajar SMA kelas 10, dan minggu kemarin lebih tepatnya pada hari Senin tanggal 19 Maret 2018, kakak kelas saya kelas 12 sedang menjalani US atau yang biasa kita sebut Ujian Sekolah. Mereka menjalani US ini selama kurang lebih delapan hari (19 s/d 27 Maret), saya tahu mereka pasti sangat stress untuk sekarang karena kita tahu lah pasti yang namanya kelas 12 sedang berada di masa-masa yang sangat penting dimana mereka menentukan masa depan hidup mereka karena mereka akan melanjutkan pendidikan mereka ke kuliah. Yang bisa dikatakan ini adalah momen yang sangat penting bagi mereka, dari nentuin PTN mana yang ingin mereka masukin terus jurusan apa yang mereka inginkan, dan pasti itu butuh persiapan yang sangat matang kalo gak mau gagal, belum lagi mikirin UN dan SBMPTN yang bakal mereka hadapin. Kalo mereka gak kerja keras mungkin masa depan perkuliahan mereka pun akan terancam dengan kata lain kalau perkuliahan mereka terancam bisa-bisa masa depan mereka akan terancam pula, tetapi semoga hal itu gak terjadi buat kakak kelas saya dan semoga mereka bisa menjalani rangkaian ujian tersebut dengan hasil yang mereka inginkan. Aamiin. Nah, di samping itu ini adalah masa-masa dimana adik kelas mereka yaitu kelas 10 dan 11 mendapatkan liburan yang bisa dikatakan cukup panjang, dan hal itulah yang bakal saya omongin di postingan kali ini. Seperti yang saya katakan tadi, saya sudah libur dari tanggal 19 s/d 27 Maret dan itu lumayan menyenangkan. Tetapi, entah mengapa saya merasa liburan di tengah semester ini terasa membosankan karena saya gak tahu harus ngelakuin apa dan terutama saya juga harus tetap belajar di rumah agar saya bisa mendapatkan nilai rapot yang lebih bagus lagi di semester ini, tetapi di sisi lain saya ingin ngelakuin hal-hal yang menurut saya menyenangkan seperti nonton YouTube atau nonton Netflix. Hal itu memang menyenangkan tetapi saya harus tahu waktu kapan saya harus belajar dan kapan saya harus bersenang-senang, jujur saja saya masih merasa belum bisa ngebagi waktu dengan benar karena kadang-kadang ketika saya ingin belajar, ya okelah mungkin saya bakal belajar minimal 30 menit-1 jam lalu saya bakal ngambil waktu istirahat sekitar 25 menit tetapi kadang-kadang saya sering lupa waktu dan tiba-tiba istirahat yang harusnya 25 menit bisa jadi 2 jam atau 3 jam. Dan kalau udah sampai di titik tersebut kadang-kadang pengen kesel ke diri sendiri tapi yah mau gimana lagi itu udah terjadi, belum lagi godaan untuk main game yang sebetulnya sulit banget untuk ditahan. Oleh karena itu, semenjak liburan ini saya mencoba untuk merubah hal-hal tersebut, walaupun memang terasa susah tetapi setidaknya saya mencoba untuk lebih baik lagi. Tetapi, semenjak hari itu saya masih merasa hal ini benar-benar ngebuat saya keluar dari zona aman saya yang biasanya saya bakal ngehabisin waktu buat nonton YouTube atau Netflix atau mungkin bermain game saya lebih prefer untuk belajar mungkin ini terdengar aneh tapi entah mengapa saya bisa menahan segala godaan itu dengan catatan saya tidak lagi kebablasan ketika istirahat, dan hal itu benar-benar ngebuat saya senang. Karena dengan hal tersebut saya bisa istirahat dengan waktu yang cukup dan hal itu dapat memaksimalkan waktu saya untuk belajar sehingga itu menumbuhkan rasa kedisiplinan yang sangat membantu saya terutama dalam belajar. Tetapi di sisi lain, hal tersebut membuat saya sering merasa bosan dan bahkan saya pernah ketika sudah belajar, lalu saya beristirahat dengan nonton YouTube tetapi kadang-kadang hal itu gak ngebuat saya senang malah kadang-kadang hal itu ngebuat saya bosan, dan entah kenapa hal itu terasa aneh. Dan menurut saya hal itu biasa-biasa aja karena toh saya juga masih beradaptasi dengan rutinitas baru ini dan semoga hal ini bisa rutin saya lakukan agar ketika saya belajar di rumah dapat lebih efektif atau maksimal, dan dengan hal ini saya dapat belajar (pelajaran akademis) setiap hari walaupun saya sedang liburan (tetapi liburan semester bisa disebut pengecualian, hehe). Dan, semoga hal itu bisa konsisten saya lakukan, karena kuncinya simple yaitu Kedisiplinan yang harus bisa saya tanamkan ke diri saya mulai sekarang.

Thanks,

-Abrar3Caksana-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s