Pendidikan

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah yang baik dan benar

green

Banyak dari kita yang sering menyepelekan suatu kebersihan, dan yang paling sering kita lihat di dalam kehidupan sehari-hari kita adalah apa? Ya, yang paling sering adalah penyepelean suatu kebersihan. Dan di zaman modern ini banyak orang-orang yang ridak bertanggung jawab dan bahkan sebagian dari mereka menganggap bahwa kebersihan tidak berarti sama sekali. Sehingga banyak orang yang tidak sadar akan hal tersebut dan yang terjadi apa? Ya, mereka pun membuang sampah sembarangan dan disaat bersamaan mereka pun tidak merasa bersalah.

            Hal ini pasti merugikan, maupun merugikan orang itu sendiri ataupun orang banyak dan yang paling besar terkena dampaknya adalah lingkungan. Dampak disini adalah dampak negatif bukan dampak positif. Dari mulai pencemaran lingkungan, menjadi sumber penyakit dan bahkan yang paling mengerikan yaitu sampai menimbulkan bencana alam. Dan dampak ini juga terjadi di lingkungan yang berbeda-beda. Seperti Lingkungan Masyarakat, Di wilayah perairan, dan juga, Di Lingkungan Sekolah. Kita pasti tidak akan mau kan, menerima seluruh dampak tersebut. Oleh karena itu, kita harus melakukannya dari dini untuk mencegah lingkungan agar tetap bersih dan juga menanggulangi lingkungan yang sudah dicemari oleh sampah. Dan untuk para pelajar, kita juga harus tetap menjaga lingkungan sekolah dengan baik agar tetap bersih dan tidak tercemar oleh sampah. Supaya Lingkungan Sekolah tetap bersih dan juga asri, dan hal ini pun menunjang agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih teratur dan lebih kondusif. Dan inilah beberapa hal yang dapat membantu untuk menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah yang baik dan benar

  1. Biasakanlah untuk membuang sampah ke tempat sampah

          Walaupun hal ini sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang, tetapi hal yang paling dasar ini dapat menjaga lingkungan disekitar kita agar tetap bersih. Dan jika hal ini dilakukan secara terus menerus, pasti lingkungan tidak akan kotor sehingga lingkungan pun menjadi asri. Tetapi hal ini akan terjadi secara kondusif jika adanya kesadaran dari masing-masing murid, karena jika tidak ada kesadaran maka hal ini pasti tidak akan terjadi atau mustahil.

  1. Pisahkan sampah organik dan juga an-organik

         Hal ini juga perlu untuk suatu sekolah, karena hal ini akan mempermudah kita untuk melakukan daur ulang dari sampah an-organik dan juga kita bisa membuat pupuk kompos dari sampah organik. Selain mengurangi sampah kita juga bisa membuat hal-hal yang sangat bermanfaat untuk orang lain, da hal ini juga bermanfaat untuk tanaman-tanaman karena pupuk kompos akan membuat tanaman menjadi lebih subur ketimbang memakai pupuk organik.

  1. Daur Ulang Sampah

         Kalian pasti tau kan gerakan 3R? Ya, benar sekali gerakan 3R yaitu Reduce (Mengurangi), Reuse (Memakai kembali), dan Recycle (Daur ulang). Di nomor 3 kali ini kita akan membahas tentang Recycle atau Bahasa Indonesianya adala Mendaur Ulang. Dan yang digunakan disini adalah sampah An-Organik. Dan yang sering dipakai adalah sampah plastik maupun itu botol plastik atau kantung plastik. Melalui kegiatan ini kita juga dapat membuat sampah plastik ini menjadi hal-hal yang berguna seperti membuat botol sampah plastik menjadi tas, membuat botol plastik menjadi pot tanaman, membuat kardus menjadi celengan, dan lain-lain. Selain mengurangi sampah, hal ini juga membuat kita untuk mengasah kreativitas kita.

  1. Lakukan kegiat piket di sekolah

           Hal ini pasti ada di sekolah teman-teman, kan? Ya, Piket Harian di kelas. Hal ini sering sekali disepelekan juga oleh murid-murid yang berada di sekolah akan tetapi hal ini sangat bermanfaat unutk kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), karena dengan lingkungan kelas yang bersih guru-guru yang mengajar pun akan merasa senang sehingga proses KBM pun akan berjalan dengan kondusif.

  1. Adakan Penyuluhan akan pentingnya kebersihan

           Hal ini sangat penting, karena apa? Ya, karena hal ini dapat menyadarkan dan memotivasi orang-orang yang membuang sampah sembarangan menjadi orang-orang yang peduli akan kebersihan lingkungan. Dan membuat orang-orang yang peduli lingkungan menjadi lebih peduli akan kebersihan lingkungan yang berada disekitarnya. Sehingga akan terjadi koneksi antar-murid untuk menjaga lingkungan sekolahnya itu sendiri.

Kesimpulan dari artikel ini adalah kita sebagai manusia harus tetap menjaga kebersihan lingkungan kita agar dampak-dampak negatif dari lingkungan itu tidak akan terjadi. Dan para generasi muda dari nusantara harus tetap melakukan hal-hal yang membuat lingkungan sekolah menjadi lebih bersih sehingga kenyamanan di sekolah akan didapatkan, karena kegiatan belajar mengajar akan terasa lebih kondusif dan lebih terpadu jika lingkungan sekolahnya bersih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s