Daily Life

Kebiasaan Buruk Menonton Televisi

Assalamualaikum WR. WB.

Hello para readers!!! Pada postingan kali ini saya akan membahas sebuah hal sepele tetapi jika terlalu sering melakukannya kita akan terjangkit berbagai penyakit yang mengerikan, yaitu MENONTON TELEVISI. Kita biasanya menganggap hal ini sebagai hiburan semata tetapi kalau kita terlalu sering melakukannya hal ini akan sangat berpengaruh kepada kesehatan fisik kita. Semoga kita tidak terjangkit kebiasaan buruk seperti ini ya guys!!! Jadi, CHECK IT OUT AND HOPE YOU LIKE IT

Di dalam kehidupan sehari hari kita selalu mengisi waktu hiburan dengan menonton TV,mungkin satu hari tanpa menonton TV akan terasa tidak biasa di dalam hidup kita sehari hari. Saking seringnya bukan manfaat saja yang akan kita dapat ketika menikmati atau menonton acara TV, melainkan hal buruk. Hal yang buruk seperti penyakit, penuaan yang cepat, dan bahkan penyakit kronis pun akan terdapat dalam diri kita jika terlalu sering menonton TV.

Di era modern ini mungkin menonton TV bukan hal yang biasa lagi tetapi menjadi sebuah prioritas yang dijalani setiap hari, bahkan saat berkumpul pun kita pasti menonton TV untuk menjadi hiburan semata. Tetapi tanpa sepengetahuan kita, akibat dari terlalu sering menonton TV ini akan menimbulkan hal yang buruk dan dampak yang buruk bagi tubuh kita seperti penyakit. Dengan tidak melakukan hal yang merusak badan kita seperti menonton TV, itu tandanya kita sangat peduli terhadap kesehatan tubuh kita sendiri. Kita selalu meremehkan hal hal kecil dalam kehidupan sehari hari, tetapi hal kecil ini pun akan membahayakan kondisi fisik kita seperti menton TV yang terlalu sering. END

Hal yang asyik seperti menikmati atau menonton acara di TV memang sering membuat orang yang menonton TV itu pun rela menghabiskan waktu berjam jam untuk menonton acara televisi. Inilah hal hal yang berbahaya untuk diri kita jika terlalu sering menonton TV. Riset yang dilakukan oleh para ilmuwan yang berada di luar negeri membuktikan bahwa orang yang menghabiskan waktu berjam jam untuk menonton acara televise, akan mudah terjangkit penyakit jantung dan bahkan kemmatian yang terlalu dini atau kematian dini.

Ilmuwan ilmuwan itu juga mendapatkan contoh foto foto pembuluh darah mata dari anak anak yang sering menonton televisi. Para ilmuwan itu juga menghitung ukuran, mengecek dan juga menganalisa tinggi anak anak yang sering menonton TV, berat badannya, juga mengecek tekanan darah anak anak itu. Hasil penelitian itu sangat mengagetkan dan juga mencengangkan, setelah dihitung kembali dalam satu hari waktu yang dibutuhkan seorang anak untuk menonton televisi adalah 1,9 jam dan aktivitas di luar rumah hanya 36 menit.

Aktivitas fisik pun membuahkan hasil yang lebih bagus yaitu membuat mata anak anak yang sering bermain di luar menjadi lebih sehat dan lebih segar daripada anak anak yang sering menonton TV. Saran para dokter kepada para orang tua adalah menyuruh anak anak untuk lebih sering melakukan aktivitas fisik di luar ruangan daripada menonton TV, minimal waktunya adalah satu jam dalam satu hari.

Masalah yang harus ditanggapi dalam menonton TV adalah iklan, tanpa sengaja pikiran kita dicuci karena menonton iklan yang ada di TV. Apalagi tentang iklan yang bertemakan makanan, jika kita menonton iklan yang bertema ini kita akan lebih sering mencoba makanan yang ada di iklan TV, sehingga menimbulkan penyakit yang berbahaya salah satunya yaitu obesitas. Beda dengan masalah lain dalam menonton TV, hal ini lebih mudah diselesaikan dengan cara tidak menonton TV ketika ada iklan, menghirup udara yang segar dan yang pali ampuh adalah dengan cara tidak terlalu sering menonton TV.

Masalah yang harus ditanggapi lainnya adalah masalah sosial.  Dengan menonton TV berjam jam kita juga menghabiskan waktu berjam jam pula, padahal kita bisa memanfaatkan waktu ini dengan berkumpul dengan orang orang yang kita cintai.  Dan dengan menonton TV dalam jangka waktu yang lama pula, kita juga bisa kesulitan mencari teman teman juga loh, hal ini pasti sangat ditakuti di sema kalangan masyarakat. Padahal kita manusia sebagai makhluk sosial harus sering sering bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang yang berada di sekitar kita, bisa bisa kita menjadi orang yang pendiam dan pemurung karena tidak pernah bersosialisasi dengan orang lain.

Inilah hal hal yang berbahaya bagi kita jika terlalu sering menonton TV :

  1. Mudah terjangkit penyakit jantung

Terlalu sering menonton televisi dalam jangka waktu yang lama dapat merusak dan membuat organ jantung kita sakit. Sebab orang yang terlalu sering menonton televisi, badannya jarang sekali digerakkan bahkan tidak bergerak sama sekali.

  1. Waktu tidur yang berubah ubah

Sebagai seorang manusia kita harus mengistirahatkan tubuh kita agar kondisi tetap fit dan sehat keika melakukan aktivitas. Dengan sering menonton televise berjam jam di malam hari akan membuat istirahat tubuh kita tidak cukup hasilnya kita tidak akan fit dan sehat malah fit dan kesehatannya menurun.

  1. Mudah terjangkit penyakit diabetes

Di dalam Jurnal Kesehatan Amerika pada tahun 2003, berisi tentang bertambahnya persentase seseorang dalam terjangkit penyakit diabetes. Di dalam jurnal itu mengatakan orang yang terlalu sering menonton televisi setiap hari akan mudah terjangkit penyakit diabetes.

  1. Akan menambah berat badan

Ketika seseorang memiliki berat badan yang begitu tinggi atau gemuk, tubuh akan memicu penyakit terhadap diri sendiri. Ketika menonton televisi biasanya orang sering mengemil sehingga akan memicu bertambahnya berat badan sampai terjangkit obesitas.

  1. Mudah terjangkit asma

Ketika menonton TV dalam jangka waktu yang lama akan memicu orang terjangkit asma. Peneitian yang dilakukan di negara Inggris terhadap 3000 anak, dari usia dini sampai usia 11 tahun, hasil dari penelitian ini adalah seluruh anak anak tersebut akan lebih mudah terjangkit asma ketika terlalu sering menonton televisi dalam jangka waktu yang lama.

  1. Organ mata menurun kesehatannya

Ketika kita menonton televisi dalam jangka waktu yang lama, otomatis mata kita sangat jarang untuk melakukan kedipan karena saking fokusnya melihat acara di televisi. Kebiasaan buruk inilah yang akan membuat kesehatan organ mata terus menurun.

Ok. Itulah hal hal yang akan terjadi jika kita terlalu sering menonton TV, menonton TV boleh boleh saja tetapi jangan terlalu sering. Kita juga bisa mengisi waktu luang dengan melakukan aktivitas di luar ruangan juga, kan? Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan kita karena kesehatan adalah prioritas utama dalam hidup.

Anyway thank you guys, kaian sudah menyempatkan waktu untuk melihat postingan saya kali ini. Dan semoga postingan kali ini bisa menambah wawasan kita semua. Dan jangan lupa Like, Comment, dan Share jika menurut kalian postingan ini bermanfaat. THANK YOU READERS. AND SEE YOU LATER.

Wassalamualaikum WR. WB

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s