Pendidikan

Artikel TIK

Assalamualaikum WR.WB, Hello para readers kali ini gue mau memposting tentang ARTIKEL TIK. Kepanjangan dari TIK adalah Teknologi, Informasi, dan Komunikasi. Dan seiring perkembangan zaman manusia sudah banyak berhubungan dengan Teknologi, bahkan mungkin kebanyakan orang tidak bisa hidup tanpa teknologi, tetapi kita juga jangan terlalu sering memakai teknologi karena mungkin kita akan terkena dampak negatifnya yang pasti sangat berakibat buruk untuk kehidupan. Dan jika kalian bertanya apa peranan teknologi dalam kehidupan?, atau apa saja alat alat teknologi?, dampak positif dan dampak negatif teknologi itu apa? Semuanya terangkum dalam artikel kali ini, jadi CHECK IT OUT And HOPE YOU LIKE IT

I. PERALATAN TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI

1. Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
2. Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player.
3. OHP (Over Head Projector), yaitu alat untuk menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi.
4. Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara.
5. Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual).
6. Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi.
7. GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak, arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi.
8. Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli.
9. Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi.
10. Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.
11. Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.
12. Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet.
II. SEJARAH PERKEMBANGAN DASAR TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI

Manusia memiliki dua fungsi kedudukan dalam kehidupan ini yaitu sebagai individu dan mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial, manusia membutuhkan untuk berkomunikasi diantara sesamanya dan merupakan kebutuhan penting agar dapat melakukan interaksi dengan baik.
Atas dasar kebutuhan tersebut, manusia berupaya mencari dan mencipta sistem dan alat untuk saling berinteraksi, mulai dari gambar (bentuk lukisan), isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telepon dan internet.
Perkembangan sistem informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah Teknologi Informasi (IT/Information Technology). Dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding, prasasti-prasasti, sampai informasi yang kemudian dikenal dengan nama internet.
Informasi yang dikekola dan disampaikan juga terus dikembangkan, dari informasi yang sederhana seperti sekedar menggambarkan suatu keadaan, sampai pada informasi strategis seperti taktik bertempur.
Memperhatikan perkembangan informasi tersebut, kita akan mempelajari secara singkat sejarah teknologi infomasi dalam upaya untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan tentang teknologi informasi. Sejarah teknologi dapat kita bagi ke dalam masa pra-sejarah, masa sejarah, dan masa modern.
Teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju ukuran yang kecil dengan kemampuan serta kapasitas yang tinggi. Namun diupayakan harga yang relatif semakin murah. Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Perkembangan teknologi informasi telah memunculkan berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi, seperti : e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, meliputi: memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Informasi yang dibutuhkan akan relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan.
Dengan ditunjang teknologi informasi telekomunikasi data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi.
Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. Perkembangan teknologi informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan itu dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Sehingga sekarang sedang semarak dengan berbagai terminologi yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.
Ekonomi global juga mengikuti evoluasi dari agraris dengan ciri utama tanah merupakan faktor produksi yang paling dominan. Melalui penemuan mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utama modal sebagai faktor produksi yang paling penting. Abad sekarang, cenderung manusia menduduki tempat sentral dalam proses produksi berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused). Telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology).

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, memungkinkan diterapkannya cara-cara yang lebih efisien untuk produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa. Proses inilah yang membawa manusia ke dalam masyarakat atau ekonomi informasi sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Pada era informasi ini, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor penentu dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga dunia ini menjadi suatu kampung global atau Global Village.

III. PERANAN TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI

A. Peranan TIK dibidang pendidikan
Pemanfaatan TIK dalam bidang pendidikan antara lain:
1. Berbagi hasil penelitian
Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian yang dilakukan dibelahan dunia berbeda, sehingga hasil penelitian tersebut dapat dimanfaatkan oleh orang lain.
2. Konsultasi dengan pakar
Seorang mahasiswa di pulau kalimantan dapat mengkonsultasikan tugasnya dengan dosen yang berada di pulau jawa dengan memanfaatkan fasilitas internet.
3. Perpustakaan online
Perpustakaan online memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa dapat mengakses ke sumber-sumberilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa terbatas jarak dan waktu.
4. Diskusi online
Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan di internet.
B. Peranan TIK dibidang pemerintahan
Hampir setiap instansi pemerintahan menggunakan komputer mulai dari mengolah data administrasi, tata usaha, hingga pelayanan masyarakat.Pemanfaatan TIK dibidang pemerintahan dikenal dengan istilah E-government.
C. Peranan TIK dibidang Bisnis
· E-Commerce
E-commerce (perdagangan elektronik) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet.
Keuntungan dari E-commerce bagi perusahaan adalah :
1. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjula produknya kepada lebih banyak orang
2. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi
3. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.
4. Karena biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, maka harga barang dapat dijual lebih rendah
5. Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing perusahaan
Keuntungan yang diperoleh konsumen, antara lain sebagai berikut :
1. Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang. Konsumen cukup ke Internet dan memesan barang, barang akan diantar ke rumah
2. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi dalam berbelanja
3. Konsumen mempunyai banyak pilihan, karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet
4. Konsumen dapat membeli barang yang terdapat di negara lain
5. Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.
6. ERP (enterprise resource planning)
ERP adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Yang dimaksud dengan perusahaan manufaktur adalah suatu cabang industri yang menggunakan peralatan dan proses untuk mengolah bahan mentah menjadi barang jadi untuk dijual.
D. Peranan TIK dibidang sosial budaya
Salah satu peran TIK dalam bidang sosial yaitu adanya program ICT4PR (Information and Communication Technology for Poverty Reduction) di internet. ICT4PR dibuat untuk mengentaskan kemiskinan. Menurut ICT4PR kemiskinan di daerah pedesaan di sebabkan oleh beberapa hal : pendidikan yang rendah, tingkat kualitas pendidikan yang rendah, ekonomi yang lemah, dan rendahnya keterampilan masyarakat. UNDP melalui program ICT4PR membentuk pusat-pusat teknologi informasi dan komunikasi yang disebut telecenter.
Telecenter tersebut memberikan manfaat, sebagai berikut :
· Sebagai sumber informasi dan sarana belajar bagi masyarakat
· Sebagai sarana untuk melihat pasar yang lebih luas dari produk setempat.
· Menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat
· Meningkatkan informasi kesehatan
· Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce
Penyebaran informasi melalui internet dapat mempengaruhi gaya hidup dan budaya bangsa.
E. Peranan TIK dibidang perbankan
1. ATM (Anjungan Tunai Mandiri)
ATM adalah layanan perbankan yang dilakukan menggunakan mesin yang telah diprogram oleh bank.
2. Internet banking (i-Banking)
Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet.
3. SMS banking
Melalui SMS banking nasabah dapat melakukan transaksi berupa transfer uang, pembayaran tagihan, dan pengecekan saldo.
IV. KEUNTUNGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI

Ada begitu banyak keuntungan yang kita peroleh dari penggunaan TIK. Keuntungan – keuntungan tersebut antara lain sebagai berikut.
1. Memudahkan Dalam Berkomunikasi Dan Mencari Informasi
TIK sangat berkaitan dengan internet. Bahkan masyarakat pada umumnya menganggap bahwa wujud dari TIK adalah internet. Sebagai salah satu wujud teknologi hasil konvergensi ( penyatuan/penggabungan) antara teknologi informasi dan telekomunikasi, internet menawarkan banyak kemudahan dalam berkomunikasi.
Internet menghubungkan jutaan manusia di muka bumi, tanpa para penerima informasi perlu mengetahui keberadaan lawan komunikasinya. Informasi dapat diterima melalui berbagai bentuk, suara, gambar, data, teks, maupun kombinasi dari semua itu. Kontak dan komunikasi jarak jauh sangat efektif dan efisien dilakukan dengan memanfaatkan jalur internet. Gagasan ini pula mulai membuat orang untuk melakukan seminar, wawancara, koferensi jarak jauh general check-up kesehatan, termasuk untuk pendidikan atau sekolah jarak jauh melalui internet.
Mengapa kita menganggap wujud TIK itu adalah internet? Internet muncul dari hasil menyatunya antara IT (Informasi Teknologi) dan Komunikasi. sebelum muncul internet dulu sudah ada jaringan lokal maupun antar lokal yang sifatnya tertutup. sebelum muncul jaringan lokal telah ada peralatan IT baik yang bekerja berdasar prinsip komputasi maupun secara mekanik electrik.
Komputer dalam bentuk sekarang merupakan evolusi dari perangkat komputasi elektronik analog, yang dikembangkan menggunakan elektronik digital dengan material silicon. Sebagaimana manusia, jaringan komputerpun menjadi meluas sebagaimana kemampuan manusia membangun keterhubungan dengan manusia lain, dari sinilah dihasilkan jaringan komputer global atau internet. dapat dimaklumi bila kalangan awam beranggapan TIK adalah internet.
2. Membuka Peluang Bisnis Baru
Awal tahun1999 hingga akhir 2000, dunia bisnis pernah mengalami booming dotcom, suatu model nbisnis baru yang dikembangkan menggunaka internet sebagai sarana dan media transaksi. Electronic Business (E-Business) dan Electronic Commerce (E-Commerce) menjadi jargon yang masih hidup hingga kini. Suatu kondisi ekonomi yang diwarnai dengan aktivitas bisnis berbasiskan transaksi melalui internet.
Model Bisnis B2C, B@B, C2C menjadi topik pembicaraan di berbagai seminar. Sebuah majalah ekonomi bahkan merasa perlu untuk mengubah logo, tampilan dan sajian berita disesuaikan dengan serba “e” yang diyakininya akan terus berlangsung, hingga banyak di antaranya yang memanfaatkan internet untuk transaksi bisnis.
3. Mendorong Tumbuhnya Proses Demokrasi
Efek positif dari fasilitas TIK antara lain semua bebas menjadi sumber informasi. Terfasilitasnya kebutuhan akan kebebasan berbicara merupakan syarat dasar demokrasi. Penyebaran berlangsung secara peer to peer, one to one, one to many ataupun broadcast. Peran TIK dalam proses demokrasi tidak terbatas dalam wahana persepsi saja bahkan lebih dari itu, TIK memberikan kontribusi dalam pemilu.
4. Meningkatkan Kualitas Dan Kuantitas Layanan Publik
Al Gore dan Lee Kuan Yew (LKY) dapat dijadikan contoh bagaimana pemimpin Negara mengawali gerakan untuk mengotomatisasikan layanan publik menggunakan TIK. Dalam perkembangan selanjutnya yang terjadi tidak hanya otomatisasi layanan publik, tetapi lebih dari itu terjadi efesiensi dan peningkatan produktivitas yang luar biasa,serta peningkatan citra pemerintah di hadapan masyarakat yang dilayaninya Electrinic Government(e-Government ) menjadi istilah yang sering dipakai untuk mendorong terjadinya transformasi dalam layanan publik .Akuntabilitas,transparansi,akurasi,kecepatan proses layanan, dan produktivitas menjadi kata yang sering diasosiasikan dengan e-Government.
5. Meningkatkan layanan Informasi Kesehatan jarak Jauh (Telemedicine)
Ada banyak cara yang dilakukan untuk menerapkan TIK di bidang kesehatan. Di antaranya TIK digunakan untuk memfasilitasi konsultasi,diagnosis, dan pengobatan jarak jauh di Negara-negara berkembang.
Para dokter di tempat-tempat terpencil dapat memanfaatkan TIK untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman profesional teman sejawatnya dari lembaga rujukan di perkotaan. Pekerja-pekerja kesehatan di Negara berkembang dapat mengakses pelatihan medis yang relevan melalui mekanisme yang dimungkinkan oleh TIK.
6. Memperbaiki Pendidikan Melalui e-Learning
TIK dapat dimanfaatkan dalam pendidikan jarak jauh atau sering disebut juga dengan istilah e-Learning. Melalui e-learning ini pembelajaran jarak jauh ini dapat dimungkinkan sehingga bisa mengurangi kesenjangan pendidikan antara Negara maju dan Negara berkembang. Kita bisa belajar bersama dengan siswa di belahan dunia lain seperti Amerika Serikat ataupun Negara-negara Eropa lainnya melalui fasilitas e-learning ini.
7. Mengembangkan kemampuan dan Kesadaran Masyarakat
TIK dapat meningkatkan kesadaran masyarakat miskin akan program-program pemerintah dan bantuan-bantuan yang menjadi hak mereka. Mereka punya Bank data yang mendaftarkan lebih dari 100 jenis bantuan. Juga mereka telah memiliki daftar kalangan yang sangat miskin, yang menjadi perhatian pemerintah dan dapat dibaca di semua telecentre.
TIK dapat menjadikan individu tertentu terutama mereka yang pertama-tama memanfaatkan TIK, untuk memicu perubahan berkesinambungan dalam komunitasnya. Seorang wanita yang sangat kreatif di sebuah kota kecil Mongolia yang menjalankan sendiri sebuah LSM untuk menunjang usaha mikro para wanita,memanfaatkan telecentre untuk menghubungi sebuah lembaga pendanaan di Inggris dan berhasil memperoleh dana sebesar U$ 10.000 untuk membantu usahanya.
8. Memperkaya Kebudayaan
TIK dapat menguntungkan ataupun merugikan atau mengancam Kebudayaan Indonesia. Mengancam, karena dapat menggulung kebudayaan-kebudayaan setempat dalam proses globalisasi yang tak terbendung. Akan tetapi TIK dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk membantu kelompok-kelompok yang terancam agar dapat menghadapi arus globalisasi secara positif.
Melalui TIK juga dapat mengadopsi kebudayaan asing yang bermanfaat dan dapat memperkaya kebudayaan kita. Sebaliknya kita dapat memperkenalkan kekayaan kebudayaan kita kepada bangsa lain, sehingga dapat memperkaya khazanah kebudayaan mereka.

V. DAMPAK NEGATIF DARI PENGGUNAAN TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN KOMUNIKASI

Selain memberikan keuntungan, ternyata peralatan teknologi informasi dan komunikasi juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya. Dampak negatif tersebut muncul sebagai akibat dari penggunaan yang salah atau tidak bertanggung jawab dari yang menggunakan.
a. Berbagai Dampak Negatif dari Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi antara lain: pelanggaran hak cipta, berbagai jenis kejahatan yang menggunakan fasilitas internet, penyebaran virus komputer, berbagai jenis tindak kriminal (pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan).
b. Penjelasan Dampak Negatif dari Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Pelanggaran Hak Cipta
Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) adalah hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. HaKI mencakup dua kategori yaitu Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri. Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan menurut peraturan undang-undang yang berlaku. Sedangkan Hak Kekayaan Industri meliputi paten, merek, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang dan varietas tanaman. Undang-undang yang mengatur Hak Cipta adalah Undang-undang No. 19 tahun 2002 yang menjelaskan beberapa bentuk ciptaan yang dilindungi terdiri dari berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, seni dan sastra. Di dalam peraturan hak cipta ada beberapa hak yang didapatkan oleh seseorang atau beberapa orang yang secara hukum telah menjadi pemegang hak cipta, yaitu hak ekslusif, hak ekonomi dan hak moral. Hukuman atau sanksi yang diberikan bagi pelanggar Hak Cipta, adalah tuntutan hukuman pidana ataupun gugatan perdata.
2. Kejahatan di Internet
Ciri-ciri kejahatan di internet:
· Kejahatan tidak mengenal batas negara dan teritorial, kapan pun dan di manapun bisa muncul.
· Perbuatan yang dilakukan tersebut bersifat ilegal atau tidak etis.
· Menggunakan peralatan yang berhubungan dengan komputer dan internet.
· Kerugian yang diakibatkan jauh lebih besar daripada kejahatan biasa.

· Pelaku kejahatan adalah orang yang mengerti dan memahami dengan baik tentang internet, komputer dan berbagai aplikasinya. Jenis-jenis kejahatan di internet:
· Unauthorized Access
· Cyber Sabotage and Extortion
· Cyber Espionage
· Data Forgery
· Illegal Contents
· Infrigements of Privacy
· Phising
· Spamming
· Offense Againts Intellectual Property
· Carding
3. Penyebaran Virus Komputer
Virus komputer adalah sebuah program yang berukuran relatif kecil dan bersifat sebagai parasit yang mampu hidup dan menggandakan dirinya menyerupai file maupun folder dan sangat mengganggu pengguna komputer yang terinfeksi. Virus komputer menyebar melalui berbagai media termasuk media internet dan penyimpanan (file storage) seperti CD-ROM, Disket, Flash Disk, Hard Disk, dan Memory Card.
4. Pornografi, perjudian, penipuan, tayangan kekerasan
Berbagai peralatan TIK seperti TV, internet, banyak menayangkan dan menampilkan tindakan-tindakan pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan yang dengan cepat ditiru para penikmatnya.
c. Pencegahan Dampak Negatif TIK
1. Mencegah penyebaran virus komputer
· Menginstal anti virus
· Selalu meng-Update database Program anti virus secara teratur
· Berhati-hati dalam menjalankan file baru seperti file yang baru diambil dari internet atau file attachment sebuah email
· Kenali gejala-gejala masuknya virus seperti komputer jadi lambat, sering crash, dan tiba-tiba restart sendiri
· Selalu membuat backup terhadap file-file yang penting agar saat komputer terserang virus, maka kita masih punya data yang aslinya
2. Secara umum dampak negatif TIK dapat dicegah dengan cara sebagai berikut.
· Perlunya penegakkan hukum yang berlaku dengan dibentuknya polisi internet yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dan penerapan teknologi informasi.
· Menghindari pemakaian telepon seluler yang berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi penggunaan telepon seluler.
· Perbanyak membaca buku-buku yang bersifat edukatif.· Perbanyak membaca buku-buku yang menambah keimanan (religi).
· Perbanyak aplikasi komputer yang bersifat mendidik.
· Harus bisa mengatur waktu antara berada di depan komputer/internet atau bermain games dengan porsi belajar dan istirahat.
· Gunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin.
· Perlunya kewaspadaan terhadap tayangan televisi yaitu dengan:
– Mewaspadai muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan yang mengandung mistis dan kekerasan.
– Memperhatikan batasan umur penonton pada film yang sedang ditayangkan.
– Mengaktifkan penggunaan fasilitas Parental Lock pada TV kabel dan Satelit.
– Menghindari penempatan TV pribadi di dalam kamar.
· Perlunya kewaspadaan terhadap penggunaan komputer dan internet, meliputi:
– Mewaspadai muatan pornografi digital baik online maupun offline.
– Mewaspadai kekerasan pada permainan / games komputer.
– Cek history browser untuk melihat situs apa saja yang sudah dilihat oleh anak.
– Menggunakan program pemblokir situs dan konten dewasa seperti Program filtering dan parental control.
– Hindari penempatan komputer di dalam kamar, letakkan komputer pada daerah yang mudah diawasi.
– Hindari fasilitas internet jika komputer harus terpaksa diletakkan di kamar anak

Jadi, sekian dari gue semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kalian semua. Jazakumullah hu khayran. Assalamualaikum WR.WB

Baca juga : Teladan Rasulullah SAW

 

Iklan

One thought on “Artikel TIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s